KOPI MINANG BY SOLOK RADJO

By Hendri - 9/24/2018

sumber foto realclearlife
Tulisan ini dikutip dari blog saya yang satu lagi, yakni SUTAN MINANG 

SIAPA sih orang yang tidak pernah minum kopi. Secara garis besar, orang-orang di Dunia mengenal dan bahkan pernah mencicipi rasa dan aroma khasnya.

Sutan Minang mengakui kopi adalah sahabat. Hampir setiap harinya, kopi selalu ada setiap kali duduk dan nongkrong. Bahkan, Sutan Minang merasa hidup ini "tidak sempurna tanpa melakukan serupatan".

Di Kota tempat tinggal Sutan Minang saat ini, begitu banyak Cafe dan Coffee shop yang menawarkan beragam kopi Nusantara hingga luar Negeri. Bahkan hampir semua dari tempat-tempat tersebut pernah Sutan Minang kunjungi.

Bisa jadi, bagi banyak orang kopi adalah perantara dalam mempererat hubungan persahabatan, hubungan keluarga, bahkan hubungan special sekalipun. Tak jarang, Kopi juga menjadi ajang mencari teman baru, melancarkan bisnis, hingga berbagai hal penting lainnya.

Apa yang Sutan Minang sampaikan di atas hanyalah sebuah istilah. Karena, sebaik-baiknya suatu hal, yang tebaik itu hanyalah tuhan yang maha esa. Karena selalu siap dijadikan Tempat mengadu, meminta arah dan berbagai kebutuhan atau keperluan lainnya. 
Lanjuuut..!!

Saat ini, kalangan anak muda di perkotaan kian hari semakin banyak yang menjadi penjelajah kopi. Tujuannya, mereka ingin mencari tahu kopi mana sih yang mempunyai rasa terbaik. 

Tidak hanya itu, jelajah kopi di kalangan kaum mellenial juga sebagai cara mencari tempat terbaik untuk nongkrong bareng sahabat. 

Semua itu juga menjadi penyebab lahirnya coffee lovers (komunitas pecinta kopi) di Kota-kota besar. 
Okee laah..!!
Sekarang Sutan Minang ingin bertanya nih..
Pengunjung Blog Sutan Minang sudah merasakan kopi jenis apa saja, dari sekian banyak jenis kopi di Dunia ini..?? 

Di Indonesia, kopi yang mungkin paling kita kenal adalah Kopi Toraja atau Kopi Aceh dengan jenis Gayo nya.
Hmmmm... Benar, dua jenis kopi ini sudah sangat terkenal hingga ke berbagai belahan Dunia.
Tapi tunggu dulu.., di Sumatera Barat juga punya jenis Kopi enak looohh.

Salah satunya adalah Kopi Minang Solok yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Solok Radjo.

Jika teman-teman ingin berkunjung ke kebun mereka, bisaaa banget. Karena, Sutan Minang melihat di Instagram milik mereka (@minangsolokcoffee dan @solokradjo), sering banget para pencinta kopi berkunjung dan menikmati cita rasa khas kopi ini.
Masih Via Instagram, Pusat Penanaman Kopi Minang Solok Berada di Kenagarian Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Teman-teman bisa searching arah untuk dapat menuju lokasinya..!.

Minang Solok Coffee budidaya Solok Radjo, memiliki cita rasa asam yang khas (berbeda dari rasa asam jenis kopi lainnya).

Untuk menciptakan rasa terbaik, para penggiat kelompok taninya juga selalu mengeksplorasi cara budidaya dan melakukan Copping, agar dapat menciptakan rasa yang benar-benar has.

"Cupping..Ritual sakral yg selalu kami adakan bersama teman-teman coffee shop di padang.. penting menurut kami ritual ini, karena secangkir espresso yg nikmat tidak tersaji begitu saja, ada proses panjang sebelum biji kopi tersebut sampai ke tangan sang roaster. Ada petani pemegang pertama tongkat estafet, sebelum dilanjutkan oleh sang roaster,lalu tongkat estafet itu berakhir di  tangan barista. Finishnya peminum kopi merasakan kopi yg enak sambil memejamkan mata dan mengukir senyum puasnya," (caption photo post Instagram @solokradjo)

"Solok Radjo selalu melakukan cupping sebelum mengirimkan greenbean ke kostumer. Hal ini kami lakukan untuk selalu menjaga dan memastikan kualitas kopi minang solok, dan biasanya setelah kopi sampai ke tangan kostumer maka kami akan menanyakan pendapat mereka tentang kopi yang kami kirimkan. Hal ini bertujuan agar kami bisa terus memperbaiki diri dan kualitas greenbean kami. Udah mulai bosan di kantor? Ngopi dulu yuuukkk.. Buat yang di padang dan Bukittinggi silahkan ke @rimbuncoffee , buat yang di jogja dan kangen aroma SOLOK...silahkan mampir ke @klinikkopi," (caption photo post Instagram @solokradjo).

Selain itu, tentu ada pendapat dari berbagai pihak tentang Minang Solok Coffee. Dari viva.co.id, salah satu pemilik coffee shop di Jakarta yang memiliki stock biji kopi Minang Solok juga punya pendapat.

"Dia punya karterisitik lemony, dan spices, agak berasa rempah-rempah," ungkap Gerry pemilik 'Gerilya Coffe and Roastery', di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan. 

Di bawah ini merupakan pendapat yang senada dari blognya kopikopikopi,

Sebuah pendapat yang cukup membukitikan bahwa kopi Minang Solok hasil tani Solok Radjo patut diperhitungkan.
"Saya mencicipi kopi Solok (mungkin ini baru yang kedua kalinya), dan rasanya memang unik!
Satu kali sruput, rasa asam dan segarnya meruak"
"Sruput lagi, ada rasa manis yang samar-samar. Di balik itu semua, badan kopi menjaga dengan santai"
"Ya, kopi Solok adalah kopiasal Sumatera yang ternyata tak berbodi penuh. Sesekali, aroma rempah keluar dari seduhan. Semua adalah tanda-tanda kopi Indonesia yang enak"

Gimana teman-teman, penasaran untuk berkunjung dan mencicipi Kopi Minang Solok dari Solok Radjo?

Sekian dulu ulasannya ya, lain kali kita sambung.

Bagi pegunjung yang punya sebuah ulasan baik itu tulisan, video atau foto tentang Sumatera Barat (Minang Kabau), bisa dikirim ke email hendrigusmulyadi@gmail.com dan konfirmasi ke 085263038590 setelah dikirim.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar